Minyak esensial untuk meredakan aneka penyakit (3)

blogger templates

Bau Kaki
Bau kaki bisa terjadi karena jamur, pola diet yang salah, atau kebiasaan menggunakan kaus kaki sintetis dengan sepatu yang selalu tertutup rapat. Itu sebabnya, sangat dianjurkan untuk sering bertelanjang kaki guna merangsang titik-titik refleksi pada telapak kaki. Bertelanjang kaki juga membantu kaki untuk bernapas.

Cara lain menghilangkan bau kaki bisa dilakukan dengan merendam kaki selama 10 menit pada mangkuk berisi air hangat yang telah dicampur dua tetes minyak sage dan dua tetes minyak cypress.

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, teteskan satu tetes minyak lavender atau eucalyptus pada gumpalan kapas. Lalu gunakan untuk mengelap bagian dalam sepatu.

Wasir
Campurkan dua tetes minyak cypress dalam semangkuk air hangat. Celupkan kain flanel dan peras, lalu tempelkan kain tersebut pada dubur selama beberapa menit. Ulangi tiga kali. Lakukan pengompresan dua kali sehari.

Untuk penggunaan langsung, larutkan dua tetes minyak cypress, dua tetes minyak geranium, dan dua tetes minyak peppermint dalam 30 ml minyak wheatgerm atau vaseline. Oleskan pada dubur tiga atau empat kali sehari.

Sakit kepala
Beragam cara bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala, misalnya berendam dalam air hangat. Isi bathtub dengan air hangat. Tambahkan tiga tetes minyak lavender, dua tetes minyak orange, dan satu tetes minyak chamomile. Nyalakan lilin pasang musik yang menenangkai dan berendamlah dalam bathtub selama 15 menit.

Anda juga bisa melakukan cara lain, yakni menghirup minyak espnsial. Campur dua tetes minyak peppermint dan satu tetes minyak rose mary dalam satu mangkuk air panas. Tutup kepala dengan handuk, tutup mata, hirup dalam-dalam uap yang timbul dari mangkuk. Lakukan selama 10 menit.

Insomnia
Aroma satu tetes minyak lavender pada tisu yang ditempatkan dekat dengan bantal akan memudahkan Anda terlelap. Bisa pula dengan membakar satu tetes minyak lavender dan satu tetes minyak ylang ylang dalam pembakar terapi aroma. Letakkan pembakar tersebut di dalam kamar tidur satu jam sebelum Anda tidur. Setelah itu, matikan dan keluarkan dari kamar sebelum Anda tidur.

Pegal-pegal
Campurkan 14 tetes minyak clarysage, lima tetes minyak mawar, dan enam tetes minyak ylang ylang dalam 50 ml minyak sweet almond. Secara perlahan pijat punggung bagian bawah, kaki, dan perut dengan campuran tersebut.

Menopause
Untuk rileksasi, gunakan dua tetes minyak lavender, dua tetes minyak ylang ylang, dan dua tetes minyak chamomile pada pembakar terapi aroma.

Untuk meredakan gejala menopause, Anda bisa berendam selama 15 menit dalam bathtub berisi air hangat yang telah diberi dua tetes minyak chamomile, dua tetes minyak cypress, dan dua tetes minyak clary sage.

Bisa juga Anda melakukan pijatan pada kaki dengan mencampur lima ml minyak sweet almond, satu tetes minyak lavender, der, dan satu tetes minyak patchouli. Beri pijatan pada jempol kaki.

Nyeri otot
Redakan nyeri otot dengan memijat bagian tersebut. Pijat dengan campuran 10 tetes minyak juniper, delapan tetes minyak rosemary, tujuh tetes minyak lavender dalam 50 ml minyak sweet almond.

Nyeri saat menstruasi
Untuk meredakan kram saat menstruasi, secara lembut pijat bagian perut dan punggung bagian bawah dengan campuran 50 ml minyak sweet almond dan 15 tetes minyak dary sage. Lakukan pijatan secara berulang selama menstruasi berlangsung.

Sariwan
Campur tiga tetes minyak tea tree dalam setengah gelas air. Gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur. Beberapa orang sensitif dengan minyak tea tree karena itu hati-hati dalam penggunaannya.

Stretch mark
Campurkan 50 ml minyak wheatgerm dengan 20 tetes minyak lavender clan lima tetes minyak geranium. Oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh yang mengalami stretch mark clan pijat secara perlahan. Lakukan setiap hari.

Sakit gigi
Teteskan satu tetes minyak cengkih atau satu tetes minyak peppermint pada cotton bud. Oleskan cotton bud tersebut pada bagian gigi yang sakit. Metode ini sebaiknya tidak dilakukan pada bayi dan anak-anak.

Varises
Campurkan lima tetes minyak cypress dan lima tetes minyak geranium dalam 20 ml minyak sweet almond. Balurkan satu sendok teh campuran tersebut untuk memijat kaki yang mengalami varises secara perlahanlahan. Jangan lupa, angkat kaki sesering mungkin untuk meredakan rasa nyeri.

0 Response to "Minyak esensial untuk meredakan aneka penyakit (3)"

Poskan Komentar