TERAPI UNTUK OSTEOPOROSIS

blogger templates
Oleh: Shannon B. Lucas, PTA., Columbus, Georgia
Alih bahasa: Arif Yulianto, SSt.FT

Masa tulang yang rendah dan osteoporosis mempengaruhi 44 juta orang Amerika laki-laki dan wanita diatas usia 50 tahun. Sepuluh juta orang diperkirakan telah menderita osteoporosis dan 34 juta lebih diperkirakan memiliki masa tulang yang rendah. Istilah sederhana osteporosis berarti tulang keropos dan cirri khasnya adalah penurunana masa tulang dan kemunduran jaringan tulang yang menyebabkan tulang mudah patah dan resiko terjadinya fraktur. Sering kali, penyakit ini berlangsung tak terdeteksi sampai terjadinya patah tulang oleh karena tubrukan kecil, terjatuh, berjabat tangan, atau lebih buruknya, ketika merangkul kekasihnya.
Satu yang paling penting sesuatu yang bisa anda perbuat untuk mencegah atau mengurangi efek dari osteoporosis ini adalah dengan menjaga latihan secara rutin. Aktifitas menumpu berat badan (weight-bearing), seperti jalan atau berlari kecil, dan latihan tahanan, membangun kekuatan otot sebagus anda meningkatkan keseimbangan dan kesadaran tubuh anda, dengan demikian mengurangi resiko terjatuh anda. Malangnya, jika hanya dengan merangkul kekasih anda menyebabkan patah tulang iga, bayangkan bagaimana mengerikannya hal ini. Iinilah dimana terapi aquatic dapat membantu.
Hidroterapi sangatlah aman untuk latihan bagi penderita osteoporosis. Fisioterapi di dalam kolam renang menyediakan tempat yang aman untuk anda untuk latihan tanpa menyebabkan diri anda beresiko terjatuh atau mengalami patah tulang. hidroterapi meningkatkan kekuatan otot, mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan penumpuan berat badan pada sendi dan tulang, meningkatkan keseimbangan, mempercepat kesembuhan, dan meningkatkan propioseptif (reseptor sendi). Hidroterapi membantu anda untuk rileks dan meningkatkan sirkulasi darah, lingkup gerak sendi, tonus otot, dan kepercayaan diri anda. Setengah pertarungan untuk mengurangi kejatuhan adalah membatasi rasa takut. Hanya hidroterapi yang bisa melakukannya.
Ilustrasi latihan hidroterapi di bawah dapat membantu anda untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi anda. Jadi, sebelum anda memulai program latihan apapun, pertama kali diskusikan dulu programnya dengan fisioerapi atau dokter anda.
Referesi:
National Osteoporosis Foundation. Disease Statistics. Available at: www.nof.org. Accessed May 20, 2002.
International Osteoporosis Foundation. Available at: www.osteofound.org. Accessed April 2002.
Balance Through Buoyancy. ADVANCE for Physical Therapists and Physical Therapist Assistants online. Available at: www.Advanceforpt.com. Accessed April 2002.
Bates A, Hansen N. The Principles and Properties of Water: Aquatic Exercise and Therapy. Philadelphia, PA: WB Saunders Co; 1996:21-28

0 Response to "TERAPI UNTUK OSTEOPOROSIS"

Poskan Komentar