PMS (Penyakit Menular Seksual )

blogger templates
a. Gonore (Gonorrhea)

Gonore yang sering disebut 'clap' atau 'drip' disebabkan oleh bakteri gonokukus. Bakteri ini hidup pada lingkungan yang hangat dan lembab, seperti yang ditemukan pada selaput lendir saluran kencing pria dan wanita atau pada leher rahim wanita. Gonore hampir selalu dipindahkan melalui kegiatan seksual per vaginal, oral maupun anal. Pada wanita tempat utama yang diserang adalah leher rahim atau serviks dengan terjadinya radang cervicitas yang disertai keluarnya cairan seperti nanah berwarna kuning kehijauan dari daerah kemaluan. Bila gonore didiagnosa dengan cepat, maka penyakit ini hampir selamanya bisa disembuhkan, langkah awal penyembuhan adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotika (penisillin).



b. Sifilis

Bakteri yang menyebabkan sifilis adalah Treponema pallidum. Sifilis biasanya ditularkan dengan persetubuhan lewat vagina maupun anal, atau seks oral dengan orang yang terinfeksi. Treonema pallidum biasanya berpindah sewaktu kontak melalui luka lecet yang terbuka pada penderita menuju kulit sehat yang terkelupas akibat lecet atau selaput lendir dari orang lain. Wanita hamil dapat menularkan sifilis kepada anak yang dikandungnya, karena bakteri tersebut dapat menembus plasenta. Hal ini dapat menyebabkan keguguran, lahir mati atau sifilis kongenita. Sifilis kongenita dapat mengakibatkan kerusakan penglihatan dan pendengaran atau merusak bentuk gigi dan tulang.

c. Clamidia

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clamidia tachomatis. Bakteri ini menimbulkan berbagai infeksi seperti : peradangan saluran kencing, cervicitis, endometritis dan PID pada wanita. Infeksi Clamidia biasanya berlangsung pada hubungan seks lewat vagina dan anus.

d. Vaginitis

Adalah infeksi atau peradangan pada vagina. Vaginitis biasanya ditandai dengan adanya cairan berbau kurang enak yang keluar dari vagina. Gejala lain adalah gatal atau iritasi di daerah kemaluan dan perih di daerah kencing. Vaginitis kadang bisa disebabkan karena alergi terhadap bahan kimia.

e. Candidiasis

Disebabkan oleh jamur Candidia albicans, biasanya menimbulkan gejala peradangan, gatal dan perih di daerah kemaluan. Candidiasis dapat ditularkan secara seksual antar pasangan seks, sehingga kedua pasangan harus diobati secara simultan.

0 Response to "PMS (Penyakit Menular Seksual )"

Poskan Komentar