CD4 Cell

blogger templates

CD4 cell adalah macam sel darah putih atau limfosit. Sel tersebut adalah bagian yang penting dari sistem kekebalan tubuh kita. Sel ini juga disebut sel T-4, sel pembantu atau kadang kala sel CD4+. Selain sel CD4 juga ada sel CD8, yang juga disebut sel T-8 atau sel pembunuh. Sel CD8 itu membunuh sel kanker atau sel yang terinfeksi virus.

Sel CD4 dapat dibedakan dari sel CD8 berdasarkan protein tertentu yang ada di permukaan sel. Sel CD4 mempunyai protein CD4 pada permukaannya.

Mengapa Sel CD4 Penting Sehubungan dengan HIV?

Waktu HIV menularkan manusia, sel yang terinfeksi paling sering adalah sel CD4. HIV menjadi bagian dari sel itu, dan waktu sel CD4 menggandakan diri untuk melawan infeksi apa pun, sel tersebut juga membuat banyak tiruan HIV.

Setelah kita lama terinfeksi HIV, jumlah sel CD4-nya, atau yang disebut jumlah CD4, semakin menurun. Ini tanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita semakin rusak. Semakin rendah jumlah CD4, semakin mungkin kita akan menjadi sakit.

Ada jutaan keluarga sel CD4. Setiap keluarga dirancang khusus untuk melawan kuman tertentu. Waktu HIV mengurangi jumlah sel CD4, beberapa keluarga dapat diberantas total. Kalau itu terjadi, kita hilang kemampuan untuk melawan kuman yang seharusnya dihadapi oleh keluarga tersebut. Jika ini terjadi, kita mungkin mengalami infeksi oportunistik.

Faktor Apa Mempengaruhi Jumlah CD4?

Jumlah sel CD4 dapat berubah-ubah. Hasil tes tergantung pada jam berapa contoh darah diambil, kelelahan, dan stres. Sebaiknya contoh darah kita diambil pada jam yang sama setiap kali dites CD4, dan juga selalu memakai laboratorium yang sama.

Infeksi lain dapat sangat mempengaruhi jumlah CD4. Jika tubuh kita menyerang infeksi, jumlah sel darah putih (limfosit) naik. Jumlah CD4 dan CD8 juga naik. Vaksinasi dapat berdampak serupa. Jangan ambil tes CD4 dalam dua minggu setelah pulih dari infeksi atau setelah vaksinasi.

0 Response to "CD4 Cell"

Poskan Komentar