Buka Puasa dan Sahur ala Food Combaining

blogger templates
Berbeda dari pola makan di hari-hari biasa, pada bulan puasa waktu makan berlangsung sejak magrib (pk. 18.00) hingga imsak (pk. 04.00). Saat itu tubuh paling aktif menjalankan fungsi penyerapan zat-zat gizi dan melakukan reparasi sel. Hal ini berpengaruh terhadap pilihan dan ombinasi makanan. Karena dalam sehari kita tidak mungkin mendapatkan sekaligus menu pati dan menu protein (hewani), maka masing-masing disantap bergantian pada hari berbeda. Dengan demikian, tubuh akan mendapatkan, asupan gizi secara lengkap dan mencukupi.

Buka puasa seperti disunahkan Nabi Muhammad S.A.W, kurma dan segelas air putih adalah makanan terbaik untuk berbuka. Gula buah dalam kurma mudah diserap tubuh tanpa mengakibatkan lonjakan kadar gula darah. Pilihan lainnya adalah buah segar dan/atau jus buah segar. Kolak, cendol, es campur, kue lapis, dan kudapan lain yang banyak mengandung gula kurang disarankan, karena gulanya mengakibatkan lonjakan kadar gula darah dan dapat menekan nafsu makan.

Makan malam, menu dipilih selang-seling antara menu pati dan menu protein. Untuk meningkatkan asupan protein, perkaya menu pati dengan kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, kedelai) atau hasil olahannya (tempe, tahu, susu kedelai). Dalam menu protein sebaiknya hanya ada satu jenis bahan makanan hewani, agar pencernaan dan penyerapannya lebih efisien. Boleh memanfaatkan lebih dari satu, misalnya ikan dan telur, jika salah satu digunakan hanya sebagai pelengkap dan dalam jumlah terbatas.

Sahur, makanan yang sangat mudah dicerna paling cocok untuk sahur, terutama buah-buahan. Jika merasa masih kurang mantap, boleh ditambah dengan protein mudah dicerna yang mengandung lemak terbatas. Misalnya telur dadar dengan sayuran (omelet) atau yogurt rendah lemak (low fat yoghurt) pilih yang tanpa pemanis maupun pewarna sintetis.

Pilihan menu protein untuk buka puasa
Buka puasa: Es jeruk buah campur
Makan malam:
- Tahu Telur Kecap
- Ikan Masak Kemangi
- Pelengkap: Sayuran mentah. Boleh disantap sebagai salad, lalap, dan/atau jus (yang dibuat dengan juicer). COntoh kol, daun selada, selada air, tomat merah, mentimun, kemangi, seledri stik, kacang panjang.

Pilihan menu pati untuk makan malam
Buka puasa: Jus jeruk segar atau jus buah lainnya
Makan malam:
- Nasi beras merah
- Tumis Brokoli Saus Jeruk
- Tempe Bumbu Bali
- Tahu Sutera Kuah Jahe

Pilihan menu sahur
- Lassi Mangga
- Kacang-kacangan panggang, misalnya almon, kacang mete, walnut, brazil nut, pistachio

Sumber: Majalah Nirmala

0 Response to "Buka Puasa dan Sahur ala Food Combaining"

Poskan Komentar