Penyakit Alzheimer

blogger templates
Penyakit Alzheimer

Pengertian
Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang merusak dan menimbulkan kelumpuhan, yang terutama menyerang orang berusia 65 tahun keatas (patofiologi : konsep klinis proses- proses penyakit, Juga merupakan penyakit dengan gangguandegenarif yang mengenai sel-sel otak dan menyebabkan gangguan fungsi intelektual, penyakit ini timbul pada pria dan wanita dan menurut dokumen terjadi pada orang tertentu pada usia 40 tahun (Perawatan Medikal Bedah : jilid 1 hal 1003). Hal tersebut berkaitan dengan lebih tingginya harapan hidup pada masyarakat di Negara maju, sehingga populasi penduduk lanjut usia juga bertambah.

Penyebab
Penyebab yang pasti belum diketahui. Beberapa alternative penyebab yang telah dihipotesa adalah intoksikasi logam, gangguan fungsi imunitas, infeksi flament, predisposisi heriditer. Dasar kelainan patologi penyakit Alzheimer terdiri dari degerasi neuronal, kematian daerah spesifik jaringan otak yang mengakibatkan gangguan fungsi kongnitif dengan penurunan daya ingat secara progresif. Adanya defisiensi faktor pertumbuhan atau asam amino dapat berperan dalam kematian selektif neuron. Kemungkinan sel-sel tersebut mengalami degenerasi yang diakibatkan oleh adanya peningkatan calcium intraseluler, kegagalan metabolism energy, adanya formasi radikal bebas atau terdapat produksi protein abnormal yang non spesifik. Penyakit Alzheimer adalah penyakit genetika, tetapi beberapa penelitian telah membuktikan bahwa peran faktor genetika, tetapi beberapa penelitian telah membuktikan bahwa peran faktor non-genetika (lingkungan) juga ikut terlibat, dimana faktor lingkungan hanya sebagai pencetus faktor genetika.

Manifestasi Klinis
Gejala Alzheimer Berdasarkan National Alzheimer ‘s Association (2003), dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :
  1. Gejala Ringan (lama penyakit 1-3 tahun)
    Lebih sering binggung dan melupakan informasi yang baru dipelajari
    Diorintasi : tersesat di daerah sekitar yang dikenalnya dengan baik
    Bermasalah dalam melaksanakan tugas rutin
    Mengalami perubahan dalam kepribadian dan penilaian misalnya mudah tersinggung,mudah menuduh ada yang mengambil barangnya bahkan menuduh pasangannya tidaj setia lagi/selingkuh.
  2. Gejala sedang (lama penyakit 3-10 tahun)
    Kesulitan dalam mengerjakan aktifitas hidup sehari –hari seperti makan dan mandi
    Perubahan tingkah laku misalnya : sedih dan emosi
    Mengalami gangguan tidur
    Keluyuran
    Kesulitan mengenali keluarga dan teman(pertama-tama yang akan sulit untuk dikenali adalah orang-orang yang paling jarang ditemuinya, mulai dari nama, hingga tidak mengenali wajah sama sekali. Kemudian bertahap kepada orang-orang yang cukup jarang ditemui.)
  3. Gejala berat (lama penyakit 8-12 tahun)
    Sulit / kehilangan kemampuan berbicara
    Kehilangan napsu makan, menurunya berat badan
    Sangat tergantung pada caregiver/pengasuh
    Perubahan perilaku misalnya : Mudah curiga, depresi, apatis atau mudah mengamuk

Artikel Terkait : Alzheimer's Disease

0 Response to "Penyakit Alzheimer"

Poskan Komentar