Ramadhan, Awal Hidup Sehat

blogger templates
"Berpuasalah agar engkau sehat," begitu sabda Nabi Muhammad SAW. Beliau juga mengajarkan cara berpuasa yang sehat. Kenyataannya kita malah terjebak dalam pola hidup yang tak sehat, seperti buka puasa terlalu kenyang, mengonsumsi makanan asin atau manis, terlalu banyak minum teh atau kopi, kurang tidur, dan tak olahraga.

Mari manfaatkan Ramadhan ini sebagai awal hidup sehat untuk seterusnya.

1. Berbukalah dengan kurma dan air putih
Jangan makan terlalu banyak, sebab hanya akan menyumbat di saluran pencernaan. Jangan lupa minum air putih hangat yang bersifat memurnikan tubuh yang telah melakukan detoksifikasi setelah seharian berpuasa.

2. Lakukan makan malam setelah salat magrib
Manfaatnya adalah memberu waktu bagi sel tubuh untuk menyerap air dan energi dari kurma dan air yang baru saja dikonsumsi.

3. Bikin buku harian makanan
Tanpa kita sadari, kita makan lebih banyak dan mewah di bulan puasa. Tak percaya? Buatlah catatan harian makanan apa saja yang masuk ke perut seharian. Anda akan kaget mendapati bahwa ANda makan lebih banyak dari yang ANda pikir.

4. Hindari makanan olahan
Pilih makanan alami, jangan makanan olahan yang kaya bahan pengawet dan pemanis. Makanan jenis ini merampok nutrisi tubuh. Selanjutnya tubuh akan mengirim sinyal untuk makan lebih banyak lagi karena merasa belum terpuaskan rasa laparnya.

5. Cukup tidur
Seringkali umat Islam tak cukup tidur di bulan Ramadan. Usahakan tidur cukup karena kurang tidur dapat menyebabkan stres tubuh. Selanjutnya stres itu akan memicu kita untuk makan lebih banyak.

6. Usahakan selalu makan sahur
Tak sahur memicu respon kelaparan, yang otomatis akan memperlambat metabolisme tubuh selama seharian penuh. Artinya, makanan yang ada dalam tubuh akan diproses lebih lama dari biasa. Ketika berbuka, proses pencernaan masih berjalan lambat. Berat badan Anda malah akan naik bila melewatkan sahur terus-menerus.

Sumber: Senior

0 Response to "Ramadhan, Awal Hidup Sehat"

Poskan Komentar